Home / Artikel / Akhalasia

Akhalasia

akalasia adalah

Achalasia / Akalasia adalah

Kelainan yang kejadiannya cukup jarang di mana sphincteresophageal bawah gagal untuk mengendur atau relak dengan baik, sehingga makanan dan cairan sulit untuk mencapai rongga perut. Banyak pasien juga tidak adanya atau abnormal kontraksi esofagus. Gejala yang terjadi yaitupenurunan berat badan, nyeri dada, muntah, kesulitan menelan dan aspirasi kronis.

Penatalaksanaan Achalasia:

1 . OBAT ORAL

Obat-obatan oral yang membantu mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah yaitu nitrat. obat-obatan oral mungkin memberikan manfaat hanya jangka pendek, tidak jangka panjang dari gejala achalasia, dan banyak pasien mengalami efek samping dari obat-obatan tersebut.

2 . BALON DILATSI

Spasme Sfingter esofagus bagian bawah juga dapat diobati dengandilatasi balon secara kuat. Balon ditempatkan di sphincter bagian bawah esophagus dengan bantuan sinar-x, dan balon ditiup. Tujuannya adalah untuk meregangkan – untuk merobek – sphincter. Pasien yang pelebaran tidak berhasil dapat menjalani dilations berulang. Komplikasi utama dari pelebaran kuat adalah pecahnya esophagus

3 . BOTOX INJEKSI

injeksi botulinum secara endoskopi pada sphincter bagian bawah untuk merelakkna sangatefektif. Pengobatan dengan toksin botulinum aman, tapi efek pada sphincter seringkali berlangsung hanya selama berbulan-bulan dan tambahan suntikan secara berulang dengan toksin botulinum diperlukan . Injeksi adalah pilihan yang baik bagi pasien yang sangat tua atau berisiko tinggi untuk operasi.

4 . BEDAH

Operasi yang sering dilakukan menggunakan teknik Heller myotomy, baik melalui dada atau melalui perut. Modern Heller myotomy biasanya dilakukan dengan menggunakan teknik laparoskopi minimal invasif, yang meminimalkan risiko dan mempercepat pemulihan.

Meskipun operasi ini tidak memperbaiki penyebab yang mendasari dan tidak benar-benar menghilangkan gejala achalasia, sebagian besar pasien mengatakan bahwa operasi sangat meningkatkan kemampuan mereka untuk makan dan minum . Hal ini dianggap sebagai pengobatan definitif untuk achalasia .

Keuntungan dari pendekatan laparoskopi adalah bahwa hal itu biasanya memberikan :

• Nyeri pasca operasi berkurang
  • Tinggal di rumah sakit lebih singkat
  • Kembali lebih cepat untuk bekerja
  • Peningkatan hasil kosmetik