Home / Artikel / Tentang Kanker Lambung

Tentang Kanker Lambung

gambar-kanker-lambung

Kanker  lambung adalah tumor lambung ganas yang timbul pada lapisan dinding lambung. Jenis yang paling umum dari tumor Lambung adalah adenokarsinoma (asal dari jaringan kelenjar) 90% -95%. Biasa terjadi pada usia tua, Pria memiliki Resiko dua kali lipat daripada wanita.

gambar-ilustrsi-kanker-lambung

Penyebab

• Resiko meningkat pada keluarga dengan riwayat kanker lambung ; gaya hidup seperti merokok, minum alkohol, dan makan diet rendah dalam buah-buahan dan sayuran atau tinggi garam, merokok, atau makanan awetan; penyakit polip lambung
  • Infeksi Lambung oleh Helicobacter pylori (H. pylori) bakteri yang menginfeksi lapisan lambung dan menyebabkan peradangan kronis (gastritis) menyebabkan terjadinya luka/ulkus.

Gejala

• Gangguan pencernaan dan perut tidak nyaman.
  • Nyeri atau kembung setelah makan.
  • Mual, muntah disertai darah.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Darah pada tinja (kotoran berwarna hitam).
  • Berat badan Menurun.
  • Kelemahan atau kelelahan karena anemia ringan.

Pemeriksaan /Skrining

• X-ray Upper-GI/ foto rotgen saluran atas dari esofagus, lambung, dan bagian pertama dari usus diambil setelah minum larutan barium.
  • Gastroskopi dan biopsy tes ini pemeriksaan kerongkongan dan perut menggunakan gastroscope. Sehingga dapat melihat langsung di bagian dalam perut, Jika ditemukan suatu area abnormal, dilakukan pengambilan jaringan (biopsi) untuk diperiksa di bawah mikroskop. Biopsi adalah satu-satunya cara terbaik untuk mendiagnosis kanker. Gastroskopi dan biopsi adalah metode terbaik untuk mengidentifikasi kanker perut.
  • Tes lain yang perlu dilakukan menentukan apakah kanker telah menyebar antara lain CT scan, , laparoskopi dan USG endoskopi.

Pengobatan

Kanker perut dapat diobati dengan :

• Pembedahan(gastrektomi) memotong lambung semua atau sebagian serta kelenjar sekitarnya lambung stadium awal bisa secara laparoscopic.
  • Kemoterapi.

kemoterapi-tumor-lambung2